Makanan Khas Sumatera Selatan yang Enak

Sumatera Selatan, terutama kota Palembang, terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan beragam. Dari pempek yang terkenal hingga hidangan khas lainnya, makanan khas Sumatera Selatan menawarkan cita rasa yang unik dan kaya rempah. Artikel ini akan mengajak Anda untuk menjelajahi berbagai Kuliner Khas Sumatera Selatan yang enak dan wajib dicoba.

1. Pempek

Pempek adalah makanan khas Sumatera Selatan yang paling terkenal. Terbuat dari ikan dan tepung sagu, pempek disajikan dengan kuah cuko yang asam manis. Ada berbagai jenis pempek, seperti pempek kapal selam dengan isi telur, pempek lenjer, pempek adaan, dan lain-lain.

2. Tekwan

Tekwan adalah sup ikan yang terbuat dari campuran ikan dan tepung, dibentuk bulat kecil seperti bakso. Disajikan dengan kuah bening yang ringan, ditambah dengan bihun, jamur, dan sayuran. Tekwan cocok untuk dinikmati sebagai makanan ringan atau makan siang.

3. Model

Model mirip dengan pempek, tetapi disajikan dalam bentuk sup. Terbuat dari adonan ikan dan tepung yang disajikan dengan kuah kaldu yang hangat. Biasanya disajikan dengan bihun dan potongan timun, menambahkan kesegaran pada hidangan.

4. Mie Celor

Mie celor adalah hidangan mie khas Palembang yang disajikan dengan kuah santan kental, udang, dan telur. Mie yang digunakan adalah mie kuning tebal yang mirip dengan spaghetti, memberikan tekstur yang unik dan kaya rasa.

See also  7 Resto Steak Favorit di Rhode Island, Amerika Serikat

5. Pindang

Pindang merupakan hidangan berkuah yang biasanya terbuat dari ikan atau tulang ikan. Kuahnya yang kaya rempah dengan cita rasa asam, manis, dan sedikit pedas, menjadikan pindang sebagai hidangan yang menggugah selera.

6. Brengkes

Brengkes adalah hidangan ikan patin atau ikan lainnya yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan bumbu kuning. Brengkes patin adalah yang paling populer, dimana ikan patin dimasak dengan bumbu yang meresap sempurna.

7. Laksan

Laksan adalah hidangan yang terbuat dari potongan ikan yang diberi bumbu, kemudian dihidangkan dengan irisan lembaran tepung beras tebal yang dimasak seperti pasta. Kuah santannya yang gurih membuat laksan menjadi hidangan yang lezat.

8. Martabak HAR

Martabak HAR (Haji Abdul Rozak) merupakan salah satu varian martabak manis yang populer di Palembang. Teksturnya yang lembut dan berbagai pilihan topping menjadikannya pilihan yang tepat untuk camilan atau penutup.

9. Es Kacang Merah

Sebagai hidangan penutup atau penyegar, es kacang merah menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari kacang merah yang dimasak dengan gula merah dan santan, lalu disajikan dengan es serut, menyegarkan dan memiliki rasa manis yang khas.

10. Burgo

Burgo adalah sejenis pancake yang dibuat dari campuran tepung beras dan santan, disajikan dengan kuah ikan khas. Tekstur burgo yang lembut dan kuah yang gurih menjadikan hidangan ini unik dan lezat.

See also  7 Resto Steak Favorit di Rhode Island, Amerika Serikat

Kesimpulan

Kuliner Sumatera Selatan menawarkan keanekaragaman rasa yang memikat dan menggugah selera. Setiap hidangan memiliki ciri khas tersendiri yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner daerah ini. Baik pempek, mie celor, atau tekwan, setiap hidangan memberikan citarasa yang unik dan memikat, menjadikan Makanan Khas Palembang yang Terkenal di Indonesia.