Pombo adalah pulau kecil tak berpenghuni yang dikelilingi sepenuhnya oleh atol karang berbatu, yang merupakan karang berbentuk lingkaran. Taman Rekreasi Laut Pulau Pombo meliputi area seluas 1.000 hektar yang tidak lebih dari hamparan pantai berpasir putih dan bongkahan karang, terlindung oleh dedaunan hijau yang rimbun. Kawanan burung eksotis dari segala bentuk, ukuran dan warna bertengger di cabang-cabang pohon, sementara ikan langka dan moluska berkeliaran bebas di dasar laut yang bertabur karang. Lokasi pulau yang jauh, ditambah dengan statusnya yang dilindungi hanya meningkatkan daya pikat lingkungan alami yang perawan ini.

Perjalanan ke Pulau Pombo terutama untuk kegiatan outbond, dan tentunya wisata bahari. Karena pulau ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi, penduduk tetap tidak diizinkan, dan tidak ada akomodasi atau perumahan umum. Namun ada beberapa tanaman yang ditanam di sini, menambah kehijauan alami dari lingkungan yang sudah mengundang. Meskipun pulau ini terlarang bagi penghuninya, berkemah masih diperbolehkan bagi mereka yang menikmati kesederhanaan alam dan petualangan liar di alam terbuka. Sebagai salah satu tempat paling awal di Indonesia yang diduduki oleh kekuatan kolonial, Ambon memiliki sejarah yang kaya dan kuno.

Laut yang jernih dipenuhi dengan semua jenis kehidupan laut membuat menyelam dan snorkeling menjadi suatu keharusan bagi pengunjung Pulau Pombo – meskipun airnya memiliki kejernihan yang cukup untuk memungkinkan Anda melihat langsung ke dasar, sebelum menyelam di bawah. Dasar laut berpasir yang lembut dilapisi karpet rumput laut yang bergoyang dan karang berwarna-warni. Kawanan ikan besar berjalan serentak melintasi perairan, berkilauan di bawah sinar matahari tropis yang menyinari air.

Rute tercepat menuju Pulau Pombo adalah melalui Bandara Pattimura, sekitar 36 km dari Kota Ambon. Ini adalah bandara domestik saja, dengan penerbangan tersedia dari Jakarta , Surabaya, Makassar , Kupang, dan beberapa tujuan lain yang jarang dikunjungi. Jika bepergian dari tujuan internasional, mungkin akan lebih baik melalui rute Jakarta, karena merupakan ibu kota Indonesia.

Dari Ambon , lanjutkan melalui jalan darat ke Pelabuhan Tulehu, di Waii, sebuah desa pesisir kecil di pinggiran Ambon. Sebuah speedboat dapat disewa untuk membawa Anda dari Pelabuhan Tulehu ke pulau Pombo. Pombo berjarak kurang lebih 30 menit dari Tulehu. Pengunjung harus diberitahu bahwa tidak banyak di pulau ini yang tidak murni alami, jadi pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan Anda serta kebutuhan mendesak lainnya.