“Toyama, Jepang,” kataku pada mereka. Tapi mereka tidak pernah tahu di mana itu. Ketika saya bertanya kepada mereka kota apa yang mereka ketahui di Jepang, mereka hampir selalu mengatakan Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Lalu saya bertanya apakah mereka tahu Hiroshima. Sembilan dari 10 kali, mereka tahu apa yang saya bicarakan.

Hiroshima, Jepang

Mengapa Hiroshima begitu dikenal oleh orang-orang di seluruh dunia? Hiroshima adalah kota asal tim bisbol dan sepak bola profesional Jepang. Produsen mobil Mazda memulai bisnisnya dan masih berkantor pusat di Hiroshima. Tapi ini bukan mengapa orang tahu kota. Itu karena Hiroshima menghadapi insiden penting dalam sejarah dunia.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah bom atom dijatuhkan di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, yang akhirnya mengakhiri Perang Dunia II. Itu menghancurkan kota berpenduduk 350.000, kecuali satu bangunan yang masih berdiri sampai sekarang. Peninggalan itu ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1996 oleh UNESCO. Lebih dari 1,5 juta pelancong internasional berkunjung setiap tahun ke museum relik dan memorial di taman yang sama.

Pengunjung Museum Memorial Perdamaian Hiroshima: Kami Tidak Akan Pernah Memulai Perang Tersebut Lagi

Saya pernah mewawancarai wisatawan internasional tepat di depan Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima yang berada di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima. Pengunjung dari China, AS, Inggris, Rusia, Italia, dan Jerman mengucapkan kalimat yang sama: Kami tidak akan pernah memulai perang seperti itu lagi.

See also  5 Museum & Galeri Seni Terbaik di Dunia yang Wajib Anda Lihat

Museum menampilkan artefak dan berbagi cerita dari korban bom, menunjukkan gambar kehancuran kota dan korban, dan memiliki dokumen lain dari holocaust atom. Banyak pameran dan objek yang mengejutkan untuk dilihat.

Kubah Bom Atom

Situs Warisan Dunia di dekat museum, yang disebut Kubah Bom Atom, juga menyampaikan kengerian bom atom. Bangunan tersebut, awalnya Aula Promosi Industri Prefektur Hiroshima, dibangun oleh seorang arsitek Ceko pada tahun 1914 dan berdiri setinggi tiga lantai dengan kubah di atasnya. Situs ini terletak 525 kaki (160 meter) tenggara dari pusat ledakan atom.

Sekitar 30 orang di dalam gedung pada saat terkena bom tewas dalam sekejap, dan ledakan udara mengetuk batu bata dan dinding batu dari gedung.

Peninggalan itu sedang dalam proses dihancurkan pada tahun 1960-an ketika rekonstruksi kota telah maju secara dramatis, tetapi anggota dewan kota pada saat itu mengadopsi pelestarian permanen pada tahun 1966. Sekitar 30 tahun kemudian, peninggalan itu ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia.

Baca Juga: Inilah Makanan Khas Aceh yang Terkenal Lezat

Atur Pembicaraan dengan Hiroshima Survivors

Jumlah penyintas bom atom telah menurun karena lebih dari 70 tahun telah berlalu sejak peristiwa penting pada tahun 1945, tetapi para penyintas yang tersisa secara proaktif mencoba untuk menyampaikan pengalaman mereka kepada generasi muda. Mereka telah menunjukkan bekas luka keloid dan sering membiarkan Anda menyentuhnya.

See also  Pulau Pombo, Nikmati Kesederhanaan Alam di Pulau Tak Berpenghuni

Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima memberikan kesempatan untuk mengadakan pembicaraan dengan para penyintas. Meskipun setidaknya 6.000 yen (sekitar US$50) diperlukan sebagai tip untuk seorang pembicara, Anda dapat memanggilnya ke tempat tertentu, seperti ruang konferensi di Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima atau Pusat Konferensi Internasional Hiroshima, atau ke akomodasi lokal Anda.

Ada penyintas berbahasa Inggris, dan Anda dapat mengatur jadwal perjalanan Anda untuk bertemu dengan pembicara melalui Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima.

Jika pembicaraan tentang pengalaman bom atom terasa sedikit berat, Anda bisa melamar menjadi pemandu sukarelawan yang berjalan-jalan di sekitar Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima, termasuk Kubah Bom Atom. Hiroshima Interpreters for Peace (HIP) mengirimkan pemandu sukarelawan berbahasa Inggris hampir tanpa biaya. Anda dapat menerima panduan bahasa Inggris tentang taman dan relik; museum itu sendiri memiliki pajangan dalam bahasa Inggris.

Isi formulir di situs web Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima untuk memesan pemandu sukarela dengan mudah. Melakukannya akan memastikan Anda memiliki panduan pada hari Anda akan berkunjung.

Jika Anda Pergi Ke Hiroshima

Jepang terdiri dari empat pulau utama. Yang terbesar, disebut Honshu, memiliki sebagian besar kota-kota besar Jepang seperti Tokyo, Kyoto, Osaka dan Hiroshima. Karena kota-kota ini berada di pulau yang sama, Anda mungkin mengira mereka dekat, tetapi Hiroshima berada di dekat tepi barat Honshu, sekitar 500 mil (800km) barat Tokyo.

See also  Tempat yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berada di Tallinn, Estonia

Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima, termasuk Kubah Bom Atom dan Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima, berada di bagian tengah kota. Situs ini berjarak sekitar 1,2 mil (2km) dari Stasiun JR Hiroshima.

Naik trem 16 menit dari Stasiun Hiroshima akan membawa Anda ke stasiun terdekat ke taman, Stasiun Genbaku Dome-mae. Taman buka 24 jam sehari dan Anda dapat mengunjungi kubah kapan saja Anda mau.