Republik Tajikistan yang bergunung-gunung adalah salah satu rahasia terbaik di Asia. Sejak kemerdekaan negara itu 30 tahun yang lalu, sejumlah kecil wisatawan petualangan telah menemukan pemandangan alam dan situs bersejarahnya yang luar biasa. Tapi sementara tujuan gunung populer lainnya seperti Nepal dan Ladakh telah membanggakan kredensial petualangan mereka dan akibatnya menderita over-pariwisata, Tajikistan sederhana baru sekarang mulai mengungkapkan semua yang dia tawarkan.

Turis perintis yang mengunjungi bagian Asia Tengah ini akan lebih sering memiliki situs budaya dan jalur pendakian untuk diri mereka sendiri dan akan disambut dengan tangan terbuka. Baca terus untuk 10 Hal Terbaik yang Dapat Dilihat dan Dilakukan di Tajikistan.

1. Pegunungan Fann

Pegunungan Fann berada di bagian barat laut Tajikistan, dan mudah diakses dari Dushanbe. Meskipun kurang terkenal dari Pamir, Fann tidak kalah mengesankan, dengan puncak seperti Chimtarga naik ke 5.489m. Anda dapat melakukan trekking di Pegunungan Fann antara Mei dan Oktober, dan akhir musim semi dan awal musim panas sangat indah karena ini adalah saat padang rumput dipenuhi dengan bunga alpine. Jika Anda kekurangan waktu, Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan sehari ke Iskanderkul, salah satu tempat paling indah di Fann. Ini adalah danau pirus yang dinamai Alexander Agung, dengan air terjun di dekatnya.

2. Garm Chashma

Garm Chashma berarti “mata air panas” dalam bahasa Tajik. Legenda mengatakan bahwa Ali, menantu Nabi Muhammad, memukul tanah dengan pedangnya saat melawan naga, dan air panas dimuntahkan. Selama ribuan tahun, deposit mineral telah menciptakan batu seperti meringue dengan kolam di tengahnya. Anda akan menemukannya di selatan Khorog di Jalan Raya Pamir. Air keluar dari bumi pada suhu sekitar 65 Celcius, dan banyak penduduk setempat datang ke sini untuk mandi dan mencari penyembuhan, karena dikatakan bahwa air mineral dapat mengobati lebih dari 70 kondisi kesehatan yang berbeda. Sesi mandi dibagi berdasarkan jenis kelamin, karena kebanyakan perenang lebih suka berenang telanjang.

See also  5 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Hat Yai, Thailand

3. Karakul

Karakul- yang berarti “Danau Hitam” – tampaknya berada di puncak dunia. Pada 3.960m di atas permukaan laut, itu adalah salah satu danau tertinggi di dunia, bahkan lebih tinggi dari Titicaca. Karakul terletak di dalam Taman Nasional Tajik, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO alami. Kombinasi ekosistemnya menjadikannya habitat penting bagi burung, termasuk spesies langka seperti angsa berkepala batang, belibis pasir Tibet, burung paruh kuning, dan burung kutilang mawar besar Kaukasia. Tidak ada hotel di Karakul, tetapi ada beberapa homestay di desa di mana Anda dapat merasakan keramahan lokal.

4. Kota yang Hilang dari Kastil Karon

Bukan hanya di Indiana Jones saja seluruh kota lenyap. Terkadang itu juga terjadi di kehidupan nyata! Karon pernah menjadi pemukiman yang berkembang pesat di atas Sungai Panj di tepi wilayah GBAO Tajikistan. Itu memiliki benteng yang spektakuler, kuil air dan api, tambang emas dan bengkel, dan stadion polo dengan ruang untuk 10.000 penonton. Dan kemudian Karon menghilang. Itu baru ditemukan kembali oleh para arkeolog pada tahun 2012, dan mereka terus menggali situs luas yang dijuluki “Machu Picchu Tajikistan”. Sangat sedikit tur yang berhenti di sini, tetapi yang benar-benar ada adalah pelajaran sejarah yang menarik, serta pemandangan benteng dan pegunungan di sekitarnya yang spektakuler.

See also  7 Destinasi Musim Gugur Terbaik di New England

5. Jalan Raya Pamir

Jalan Raya Pamir Tajikistan bukan hanya objek wisata paling terkenal di negara itu, tetapi juga salah satu perjalanan darat terbesar di dunia. Sebagian besar wisatawan memilih untuk menjelajahi Jalan Raya Pamir dengan mobil, tetapi hanya sedikit yang berani dan sangat cocok mengambil tantangan dengan sepeda.

Rute paling populer menuju selatan dari Dushanbe melalui perbukitan, dan kemudian mengikuti perbatasan Afghanistan-Tajik di sepanjang Sungai Panj ke Khorog, pintu gerbang ke Pamir. Jalan dan lanskap kemudian menjadi jauh lebih liar saat Anda melintasi Dataran Tinggi Murghab yang terpencil di Pegunungan Pamir, mencapai titik tinggi 4.655 m. Ketinggian saja akan membuat Anda takjub!

Pesan tur jip 8 hari untuk menjelajahi Jalan Raya Parmir mulai dari £1.266,90. Termasuk Khorog, pasar Afghanistan, kebun raya dan taman; tambang ruby ​​​​dan pemandian air panas alami dan Dataran Tinggi Murghab, di mana hanya pengembara yang berkeliaran.

6. Kedai Teh Rokhat, Dushanbe

Minum teh adalah hiburan nasional di Tajikistan; itu adalah bagian penting dari setiap interaksi manusia, serta cara terbaik untuk memulai hari dan menyelesaikan setiap makan. Di Dushanbe ibu kota Republik Tajikistan Anda harus mengunjungi Rokhat Teahouse, sebuah mahakarya arsitektur yang dibangun selama periode Soviet. Fasad neo-klasik putih bangunan memberi jalan ke interior yang didekorasi dengan indah, desain tradisional Persia yang dibuat oleh beberapa pengrajin paling terampil di Tajikistan. Datanglah untuk makan siang dan nikmati shashlik (kebab) dan sepoci teh hijau sambil mengagumi lingkungan sekitar yang indah.

See also  Tur Tempat Wisata Bersejarah Fukushima dan Yamagata, Jepang